Artikel: Jangan Biarkan Insecurity mengendalikanmu

Jangan Biarkan Insecurity  mengendalikanmu





  Jika ditanya “ Termasuk orang yang manakah anda  percaya diri atau tidak percaya diri,alias insecure?” Mungkin anda akan cepat bilang “Percaya diri,dong!”

     
Mungkin sebenarnya didalam diri kita terdapat insecurity namun kita hanya  belum menyadarinya.Sebelumnya apa sih insecurity itu sendiri? Jika diartikan  ke dalam bahasa Indonesia,insecurity berarti perasaan tidak aman,tidak yakin,tidak kuat atau yang paling sering dikatakan orang-orang adalah tidak percaya pada diri sendiri.

 Kebanyakan orang yang saya temui, mengatakan bahwa insecure merupakan suatu perasaan wajar yang pasti dialami oleh semua orang,ada juga yang mengatakan bahwa perasaan insecure sulit dihindari mengingat selalu ada alasan untuk merasa serba kurang atas diri kita.Ya,merasa kurang akan fisik,kemampuan,harta dan lain-lain.

 

 

          Merasa insecure memang suatu hal yang wajar.Bagaimana tidak? di setiap harinya kita dihadapkan pada manusia-manusia serba bisa dan serba memiliki kelebihan.Jadi wajar saja mempunyai insecurity.Justru jika kita tidak pernah merasa insecure dalam hidup maka itu sangat tidak wajar.Rasanya kita bagaikan makhluk yang sempurna dan serba bisa,meskipun hal itu terbilang mustahil.
        Saya pribadi pernah mengalami insecurity.Saya pernah merasa tidak percaya diri dengan  penampilan dan sering membandingkan diri sendiri  terhadap orang yang menurut saya memiliki penampilan yang lebih bagus.Saya sering menyalahkan diri sendiri,sedih dan berpikir hal-hal yang tidak penting yang seharusnya tidak dipikirkan.Hal ini sungguh sangat menyiksa psikis.Pikiran-pikiran negatif ini membuat saya semakin membenci diri sendiri.Saya mencari berbagai cara untuk menghilangkan insecurity tersebut namun insecurity tersebut tak kunjung hilang.Sampai satu titik dimana saya menyadari bahwa insecurity ini harus benar-benar dimusnahkan.Saya mulai mengubah pola pikir yang semula negatif menjadi positif dan mulai mencintai diri sendiri.Perlahan insecurity tersebut dapat dikendalikan dan dapat hilang.Saya sadar insecurity hanya dapat menimbulkan dampak negatif pada diri jika tidak dapat dikendalikan.

“Jangan biarkan insecurity mengendalikan anda ,anda lah yang harus mengendalikannya” dikutip dari seorang motivator
      
 
 
      Saat insecure itu muncul,saat melihat seseorang dengan penampilan,kemampuan yang lebih dari kita maka tersenyumlah dan katakanlah  bahwa “ Saya bersyukur atas segala kelebihan dan kekurangan yang saya punya.” Mudah bukan? tapi,apakah semudah itu? Memang sih,tidak mudah anda bertindak sebijak itu.Tapi coba biasakanlah.Karena apa yang kita katakan,bisa menjadi awal untuk memberikan kekuatan yang besar pada diri dan pikiran anda.Meskipun keliatan sulit,atau seperti terpaksa melakukannya,tapi saat hal itu sudah menjadi bagian dari kebiasaan ,maka manfaatnya akan terasa sendiri.
•Bersyukur dan berpikir positif・
     
       Kunci agar kita dapat mengendalikan insecurity yakni dengan bersyukur dan berpikir positif. Kita harus bersyukur atas apa yang diberikan oleh Tuhan, karena sebesar apapun penghinaan kita terhadap diri dan hidup,namun itulah yang merupakan versi terbaik yang diciptakan Tuhan.Tidak perlu membandingkan diri dan mencari kelemahan karena kita tidak akan pernah menemukan titik ak hir.Banyak sekali hal yang bisa disyukuri didalam hidup,sangat banyak bahkan tak terhitung.Berpikir positif  juga merupakan hal penting untuk mengendalikan rasa insecure dengan berpikir positif berarti kita selalu melihat hal positif dari semua permasalahan. Seperti kutipan dari Zig Ziglar “Berpikir positif akan membiarkan anda melakukan segala sesuatu lebih baik daripada berpikir negatif.” Saat kita selalu berpikir positif kita akan lebih mampu melakukan segala hal dengan baik.Pikiran memberikan dampak yang besar bagi tindakan.Kemudian tindakan akan mempengaruhi hasil yang diterima. Ketiganya memiliki  kesinambungan yang diawali dengan pikiran positif.

         Kendalikanlah rasa insecure yang kita rasakan menjadi sebagai suatu hal yang mengarahkan kita kepada suatu perubahan yang positif.Jangan biarkan insecurity mengendalikan kita.Tidak usah perdulikan seberapa lebih seseorang di luar sana, yang seharusnya kita lakukan adalah menyibukan diri dengan hal-hal positif,tingkatkan kualitas dengan berfokus untuk mendapatkan beragam pencapaian positif.
                                                                   
                                                                      Dibuat oleh : 
                                                             Audrey Meiza Hazelia
                                                                       Manajemen
                                                                       2018021086
Sumber :
1. https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/mengapa-orang-merasa-insecure
2.http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/10/2018/14834/penyebab-dan-cara-mengatasi-rasa-insecure
3. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-mindful-self-express/201512/the-3-most-common-causes-insecurity-and-how-beat-them
4. https://www.psychalive.org/how-to-overcome-insecurity/

                        


 














Comments

Popular Posts